Thursday, March 21, 2019

Redakan Stress Dengan Seni

Bernyanyi, menggambar atau menari adalah kegiatan artistik yang menyenangkan dan menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya menyenangkan, ia juga mengatakan bahwa seni memiliki fungsi sebagai penghilang stres. Apakah itu benar Penelitian menunjukkan bahwa ada fungsi seni yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu mengurangi kecemasan dan mengatasi suasana hati yang buruk. Ini dilakukan dengan mengurangi kadar kortisol dalam tubuh.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Art Therapy Association diperoleh berdasarkan pengamatan dari 39 orang dewasa. Dalam penelitian ini, peserta diminta untuk melakukan kegiatan artistik selama 45 menit. Jangan lupa bahwa para peneliti juga mengambil sampel kadar kortisol (hormon stres) melalui air liur sebelum dan sesudah aktivitas. Para peserta kemudian diberi spidol dan kertas, tanah liat, dan berbagai bahan kliping.

hipnoterapi di jogja

Dari berbagai bahan yang disediakan, peserta dapat menggunakan semua bahan ini untuk membuat berbagai produk seni yang mereka inginkan tanpa instruksi tertentu. Akibatnya, para peneliti menemukan bahwa sekitar 75 persen tingkat kortisol peserta menurun saat melakukan pekerjaan masing-masing. Para peserta menganggap kegiatan ini menyenangkan dan membuatnya lebih santai. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi penghilang stres setelah bekerja. Selain itu, banyak peserta juga merasa bahwa kegiatan ini membuatnya kembali ke masa kecil.

Mengapa seni dapat membantu menghilangkan stres? 

Berikut ini adalah beberapa alasan menurut biro psikologi Jogja mengapa seni dapat menghilangkan stres, yaitu:

Dapat membelokkan pikiran Seni, 

Apa pun bentuknya, dapat membantu mengalihkan pikiran kita dari sesuatu yang Stres Manfaat seni adalah membantu mengalihkan perhatian karena ketika kita melakukannya kita fokus pada penciptaan karya. Oleh karena itu, menggambar, menari atau melukis sering kali merupakan pelarian seseorang ketika dia merasa sedang membawa banyak pemikiran.

Waktu Pribadi 

waktu adalah salah satu manfaat seni yang dilakukan atau tidak dapat membantu menghilangkan stres. Karena meluangkan waktu untuk menikmati hobi seni akan membuat kita merasa lebih seimbang. Di tengah semua tanggung jawab dan rutinitas di mana kita hidup, seni membantu untuk bersantai lebih bebas dengan menciptakan sesuatu yang kita inginkan.

Cara lain untuk menghilangkan stres

Peran seni dalam menghilangkan stres tidak perlu diragukan. Namun, di samping itu, tentu saja, masih ada banyak cara untuk membantu menghilangkan stres, termasuk:

Bermain

Menikmati beberapa permainan, baik dengan teman maupun diri sendiri, online atau konvensional, dapat membuat kita lebih rileks. Secara umum, permainan menjadi salah satu analgesik paling efektif bagi sebagian orang. Meskipun beberapa permainan membutuhkan strategi yang membutuhkan kreativitas, ini tidak membuat seseorang merasa tertekan sama sekali.

Olahraga 

Olahraga adalah salah satu analgesik paling efektif yang dapat memiliki dampak langsung. Untuk menghilangkan stres, cobalah berjalan di luar ruangan sambil menghirup udara segar. Tanpa perlu menunggu lama, kepala yang berat akan terasa lebih ringan dan suasana hatinya akan membaik.

Spa 

Spa adalah rangkaian perawatan tubuh yang dapat memberikan efek menyegarkan dan menyejukkan. Jika Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak, Anda bisa mencoba spa di rumah atau ke klinik hipnoterapi jogja. Jika memungkinkan, isi ruang tamu dengan aromaterapi yang dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran.